Logo Baru Wamena1

ZI

Written by Tim Redaksi on . Hits: 145

Di Tengah Pro Kontra Pemekaran DOB Papua, PA Wamena Tetap Laksanakan Sidang Keliling di Kabupaten Yahukimo

 

Wamena || pa-wamena.go.id

Jum’at (01/06/2022) Pengadilan Agama Wamena kembali menunjukkan komitmennya untuk menjadi salah satu acces to justice bagi masyarakat di wilayah Pegunungan Tengah Papua. Program sidang keliling yang rutin dilaksanakan setiap tahun di berbagai daerah yang terisolir selalu menjadi prioritas, dan kali ini dilaksanakan di Kabupaten Yahukimo salah satu kabupaten yang terlentak di jantung Pengunungan Tengah Papua.

Meskipun beberapa hari sebelum pelaksanaan sempat terjadi pro dan kontra terhadap pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua di Yahukimo, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para Hakim dan aparatur Pengadilan Agama Wamena dalam melaksanakan kewajibannya untuk memberi keadilan bagi warga yang mengajukan perkaranya di Kabupaten Yahukimo.

sidyah1

(Persidangan Majelis Hakim Pengadilan Agama Wamena di Aula Kementerian Agama Kabupaten Yahukimo)

Dalam mensukseskan program ini, Pengadilan Agama Wamena bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Yahukimo dan aparat keamanan setempat agar pelaksanaan sidang keliling di Kabupaten Yahukimo dapat berjalan lancar dan baik. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Yahukimo, Drs. Benyamin T. Palintin, S.Th., dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena hal tersebut akan membawa banyak manfaat bagi warga Yahukimo khususnya umat muslim, yang paling pokok dapat menekan biaya perkaranya dibandingkan harus pergi ke Kota Wamena sebab harus bolak balik menggunakan pesawat terbang.

sidyah2

(Ceremonial Pembukaan Sidang Keliling oleh Ketua PA Wamena dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Yahukimo)

sidyah3

(Kebersamaan Tim Sidang PA Wamena dan Pegawai Kementerian Agama Kabupaten  Yahukimo)

Pelaksanaan sidang keliling ini dilaksanakan pada hari Kamis (30/06/22) bertindak selaku Ketua Majelis adalah Abubakar Gaite, S.Ag., M.H., Huda Lukoni, S.H.I., S.H., M.H. sebagai Hakim Anggota I, serta Siswanto, S.H.I., M.H. sebagai Hakim Anggota II, dibantu oleh Parjono, S.H. sebagai Panitera Sidang, dan sebagai jurusita adalah Muh. Nur Hasjim.  Tim sidang keliling PA Wamena yang telah tiba sehari sebelumnya dengan menggunakan pesawat ATR wings air. Luasnya wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Wamena yang meliputi 8 Kabupaten di Pegunungan Tengah Papua membuat para pencari keadilan kesulitan dalam mengakses layanan umum di Kantor Pengadilan Agama Wamena karena hanya bisa diakses lewat jalur udara sehingga membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup besar.

sidyah4

(Persiapan Sebelum Pelaksanaan Sidang Luar Gedung Di Kabupaten Yahukimo)

Ketua Pengadilan Agama Wamena, Abubakar Gaite, S.Ag., M.H. yang juga sebagai Ketua Majelis, mewakili rombongan dari Pengadilan Agama Wamena menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten Yahukimo yang telah memberikan tempat persidangan, serta sambutan baik dan dukungannya dalam kegiatan sidang keliling ini, “Program sidang keliling ini dibiayai dari Negara, karenanya kami berterimakasih kepada masyarakat yang telah mengikuti program ini dengan baik” lanjut Ketua Pengadilan yang bertugas di Pengadilan Agama Wamena sejak Agustus 2021 lalu. Usai persidangan, Tim sidang keliling Kembali ke Kota Wamena dan tiba di Wamena dalam keadaan selamat tanpa halangan yang berarti.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Wamena

Jl. Yos Sudarso, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Propinsi Papua

Telp/Fax: (0969) 31355 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Aplikasi Inovasi Badilag

Modified by PA Wamena @ 2020